Selasa, 06 Maret 2012

Tuesday Burnout

Senin malam bukan menjadi hari yang menyenangkan walau gua berulang tahun ke dua puluh satu. Karena seharian masih berkutat dengan tugas metode penelitian kuantitatif psikologi, itupun baru selesai jam dua belas malam. Rasanya fokus sudah gak keruan sama sekali, bahkan ingin tidur tapi kalau tidur berarti gak ngeprint sementara kelas besok jam tujuh pagi, tugas harus dikumpulkan jam yang sama. Terpaksa hari ini nggak nganter nyokap, karena gua bener-bener udah gak bisa fokus buat nyetir. Bawaanya pengen naro tugas, ikut kelas pagi, terus pulang dan tidur.

Sialnya di kelas metpen kuanti tugas gua mendapat nilai straight 40. Asli gua kecewa banget, langsung bro.. gua gak mood ngikutin kuliah dan akhirnya memutuskan buat cabut aja kelas industri organisasi. Sebelum cabut kelas, gua ketemu Saras-cewek paling rock n roll di majelis tinggi serikat mahasiswa. Gossip-gossip politik gak penting di kampus. Sambil ngobrol, anak-anak sekelas pada nelponin. gua.. Karena lagi ngobrol jadi semua gua held aja, setelah ngobrol barulah nelponin balik satu-satu.

"Yo, nanti PIO kuis."

Batal deh cabut kelas, batal deh ngerjain kepribadian yang besok presentasi sama kuis (sampai malam hari ini gua belum buka bahan kuis lho). Dengan mood yang masih buruk banget bekas MPK, gua ngajak Fara belajar bareng. Mahasiswi yang satu ini paling baik deh urusan belajar, gua ngajakin ke perpustakaan yang adem dan banyak port listrik (batere laptop kan udah bocor). Mulailah kita belajar soal dasar-dasar psikologi industri organisasi.

Dosen psikologi industri organisasi kalau pas mata kuliahnya isengnya pol, daripada waktu mengajar metpen kuantitatif. Dia hobby banget ngeliat mahasiswanya wara-wiri sibuk belajar kuis dadakan karena materinya udah lengkap banget dari dasar psikologi industri organisasi sampai training and development. Namanya kuliah psikologi udah wajar banget kuis bahannya dari sekian ratus halaman buku bahasa asing ditambah handout dari dosen yang jumlahnya minimal 100 slide (untuk semester awal), 200-300 slide (masuk ke tahun pertama), dan lebih dari 400 slide (tahun kedua dan terakhir). Jadi urusan ngapalin slide bertubi-tubi di Universitas Paramadina, silakan bertanya ke mahasiswa dari program studi psikologi. Belum ditambah kalau teorinya adalah teori seumur hidup, alias teori ini harus dihapal karena konsepnya akan digunakan sejak kuliah S1 Psikologi sampai nanti jadi almarhum. Buseet..

Belajar di kuliah itu emang enak diskusi, gua sama Fara ngebahas satu slide tentang dasar psikologi industri organisasi. Kemudian sisanya.. belajar sendiri, Kuis kali ini bahannya sekitar 100 slide, 25 slide berhasil kita bahas berdua, sisanya baca sendiri. Itupun bacanya udah speed reading.

Selesai kuis, gua langsung pulang kerumah.. tidur.

Malam harinya gua gak mau nyentuh blekberi. Ganggu, ada aja orang ngajak ngobrol.

Waktu udah menunjukkan pukul 9, dan gua masih belum belajar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar